Apakah yang dimaksud dengan GUI?
GUI adalah suatu model antar muka komputer yang menggunakan
objek-objek grafis sebagai media interaksi dengan user. Model ini
digunakan untuk menggantikan model klasik yang berbasis teks. Pada Java ada 2
library yang sering digunakan untuk membuat GUI yaitu Abstract Window Toolkit
(AWT)
dan Swing. komponen-komponen AWT di-import dari library java.awt.* dan untuk swing di-import dari javax.swing.*. tetapi kita bisa menggabungkannya.
dan Swing. komponen-komponen AWT di-import dari library java.awt.* dan untuk swing di-import dari javax.swing.*. tetapi kita bisa menggabungkannya.
Graphical Object
:
·
Container (tempat), obyek yang dapat
menampung komponen grafis dan tempat yang lebih kecil
Contoh: frames, panels
·
Component, obyek grafis yang berfungsi untuk
menampilkan data, menerima masukan, atau menunjukkan suatu kondisi.
Contoh: buttons, labels, text
fields
·
Event, obyek yang merepresentasikan suatu
kejadian.
Contoh: gerakan mouse, penekanan
tombol
·
Listener, suatu
obyek yang menungg
Abstract Window Toolkit (AWT)
AWT adalah istilah bagi sekumpulan objek GUI yang dibawa
oleh Java diawal kemunculannya ketika masih mengusung nama Java (Bukan Java
2). Meski demikian, ada beberapa objek AWT yang sampai saat ini (era Java
2) belum bisa digantikan oleh objek yang baru. Secara umum bisa dikatakan
bentuk dari objek-objek AWT akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh
sistem operasi, misalnya WINDOWS. Hampir semua komponen AWT adalah turunan
dari Class Component.
Beberapa Objek Grafis AWT :
• Frame
• Button
• CheckBoxMenuItem
• List
• MenuItem
• ScrollBar
• TextField
• CheckBox
• Choice
• Menu
• MenuShortcut
• ScrollPane
• CheckBoxGroup
• Label
• MenuBar
• PopupMenu
• TextArea,
dan lain-lain
Gimana sudah paham kah?? Terimakasih
jangan lupa tinggalkan komentar.. hehe